Konbanwa

Standar

annyeong? ada yang masih bangunkah? setelah dua hari berkutat dengan kertas – kertas semu (soft file), nulis tuh hiburan sih, hehe curhat di medsos. Kenapa aku jadi perempuan yang suka sharing cerita yah? padahal dari dulu aku tuh tertutup banget. Kalaupun cerita biasanya jadi pendengar yang baik, dan kalaupun nulis ambigu gitu, haha tapi sekarang jadi ketahuan deh bawelnya 😀

Jam 00.15, buat tarwinih nih aku buktiin jam segini aku bisa melek. Tanpa kopi yang malahan sering bikin aku tambah nyenyak bobo. haha gak ngerti lagi. Mending air putih atau cubit cubitan #apasih.

Besok tuh kuis genetik gak sih? aku berharap it.u mitos, mana paginya harus presentasi. Mau gak mau ya harus. Pernah gak merasa rutinitas ini membingungkan? kaya output nya tuh apa?? jaminannya apa?? (mulai deh kehilangan ideologi -_-)

Pernah punya emosi yang extrem? tiba-tiba sedih gak jelas, seneng juga gak jelas. Kaya orang stress. Seneng berlebihan dan dengan sekejap bisa diam termenung sedih. Lagi murung terus tiba – tiba menghangatkan suasana kaya orang gilla parade. Lagi bercanda tiba2 serius, lagi serius tiba2 bercanda. Entah ini baik atau buruk, dan bagaimana memahami dan memperbaikinya.

Udah malem tulisan aku juga gak jelas,, senin jadi hari baik yah, selamat bobo lappy, handpy, dan para bukpy #apasih  -_-zzzzz

Novel time – Berbagai pandangan

Standar

Buat yang suka baca novel ayo tebak ini resume dari novel apa??? Pandangan tentang pernikahan menurut berbagai suku dan agama. Emang udah lama sih, tapi aku baru selesai bacanya coba sekitar agustus coba, ckckckck, itu pun bukunya  dapet dari gebyar  😀

Suku Hmong = Tidak penting menikah dengan siapa, kondisi emosional,yang terpenting adalah peran yang dilaksanakan berarti. tIdak mengharapkan kebahagiaan.(emosi=rasa,  sebuah pernikahan tanpa … , sulit sepertinya)

India selatan= sebuah ikatan wanita dengan beberapa pria, (beberapa yah ? hmm no comment deh )

Zaman Romawi= pernikahan diakui sebagai ikatan dua orang pria. (zaman romawi kuno) (cowok & cowok ??)

Eropa= sebagai ikatan 2 anak kecil , yang blm dilahirkan (properti)menyelamatkan warisan. (Kecil2 udah di jodohin yah???)

Eropa=petani dilarang menikah agar pembagian kelas sosial teratur. (karunya atuh??)

Iran= Pernikahan istimewa (SIGHEH)Kawin Kontrak.(kirain kawin kontrak cuma ada di film -_-)

Cina = wanita masih hidup dengan laki- laki  yang telah mati. Meningkatkan Kekayaan, kebebasan( pedagang sutera). (wah, kalo malem berupah jadi pampir gak)

“titik emosional awal pernikahan tidak sepenting titik emosional pernikahan sampai ke tujuan -eg-“ (hmm tujuan pernikahan ??? ibadah 🙂 )

“hanya suami, bukan suami yang baik, bukan juga suami yang jahat bertindak seperti suami yang seharusnya,  like a job.” (kalo jadi suami yang seharusnya pasti baik)

“Tanamlah sebuah harapan dan kau akan menuai kekecewaan. “ (nanem harapannya ke siapa dulu?? ke Yang MahaPemilik Harapan dong, di jamin gak akan kecewa)

 

Kristen= “Abaikan pernikahan tiru malaikat” gak pentingbayi, karena bisa diubah dan kristen dipilih saat dewasa ( malaikat dan manusia beda), agama apokaliptik (percaya hari akhir kapan pun bisaterjadi jadi gak butuh bayi), tugas orang kristen adalah mempersiapkan hari kiamat.(iya hari kiamat itu pasti )

Pernikahan=istri=seks=dosa=ketidaksucian

Berubah, dianggap suci karena lebih baik dibanding pelacuran, dinilai

Perawan=100,janda=60,menikah=30

Santo Paul menulis surat u/Corhian = “Tinggalkan keluarga busuk “”Tidak baik seorang pria menyentuh wanita””Menikah lebih baik daripada dikendalikan gairah”

“Hidup berpasangan adalah penghalang menuju surga.”

 

 

Yahudi= Pengaturan sosial yang paling bermoral, pendeta yahudi diwajibkan menikah, perjinhan dianggap kriminal kuno, bayi yahudi itu penting (iya jinnah itu haram )

Eropa= Wabah “The black death” /pes mematikan 30-60 populasi orang di eropa. Mulai pernikahan kesempatan dengan mengincar para janda dan duda tua yang memilki kekayaan tapi tidak memilki pewaris.

Nancy Cott, sejarawan= Pernikahan menuntut kewajiban dan menghilangkan keistimewaan. (istimewanya Insya Allah gak akan hilang kok 🙂 , loh?? udah pernah nikah emang?? ckckckck kata quran , kata Rosul )

Inggris= gadis dr keluarga kya dipilihkan suami secara acak meskipun tidak menguasai bahasa. (lucu kisah yang ini, belum saling kenal, bingung ngomong karena bahasa beda, ckckck)

Prancis= Gadis yang menikah kehilangan hak hukum dan semua di diwalikan kepada suami. (hak wali mungkin pindah ke suami , cie surga nya pindah ke suami kalo udah nikah, tapi hukum??, sulit juga yah )

Menggandakan kekuasaan, dan wanita kekuasaannya menguap.(emang kita gak punya kuasa punyanya kehendak )

Abad13” sistem converture”eropa.= wanita milik pria (iya kalo udah nikah )

Amerika= wanita america yang menikah selain dengan orang amerika, akan mengikuti kewarganegaraan suaminya, karena dianggap wanita trsebut bila tidak menanggalkan kewarganegaraan menjadi lebih superior.Tapi jika laki- laki menikah dengan perempuan bukan orang amerika maka boleh naturalisasi asalkan bukan ras yang dibenci amerika contohnya Nergro ullato (campuran kulit hitam dan putih /melayu)= menghasilkan genetika unggul,(nazi) (masalah strata??? )

Virginia= Tuhan menciptakan warna kulit hitam, putih, kuning, melayu, dan ditempatkan di benua yang berbeda karena tidak ingin ras ras tersebut berbaur. (kata pak budi ciri – ciri satu spesies itu bisa dikawinkan, malah sekarang bisa satu genus)

 

Masyarakat liberal=wanita menghidupi sendiri,keluarga dibuat sendiri dari komunitas, jarang ingin jadi ibu, kalau jadi ibu pakecara lain.Menikah karena cinta, bukan ingin memiliki keturunan (mahluk hidup itu punya pesan yang dibawa dan akan diturunkan (gen), lucu tau liat keluarga kita yang mirip sama kita :))

“ kadang –kadang hidup terlalu sulit untuk  dijalani sendirian, kadang –kadang hidup terlalu bahagia untuk dijalani sendirian.” (jangan sendirian makannya hoho, tapi emang kadang kita butuh waktu sendiri tau )

Penelitian Thomas holmes dan Ricard rahe, tingkat stress kematian pasangan, perceraian.penyakit serius, kehilangan pekerjaan, dipenjara. Pkahan= judi (berdoa dong kalo dipisahin di dunia ntar disatuin lagi di akhirat , so sweetkan?? )

Pepatah kuno polandia “ Sebelum perang ucapakan sebait doa, melaut 2 bait doa, menikah 3 doa bait .” (jadi nikah lebih urgent dari perang dan melaut ????)

Budha : semua penderitaan manusia berasal dari gairah, “ menikah berarti menjadi seorang pelayan yang mengabdi pada kenginanmu sendiri.” (kisah biksu muda), budha meninggalkan isrti dan anak demi perjalanan spritual.kaya kristen.menikah sebagai peran pendukung( pengurus rumah tangga): menyuruh membeli asuransiproperti, sumbangan, dll.(hmm)

Dewa Zeus : dulu manusia hidup di bumi dan dewa hidup di langit. Manusia hidup dengan 4 kaki, 4 tangan, 2 kepala, utuh,karena sombong dan lupa dengan para dewa, jadi diamputasi (the symposium= aristophanes)= ketika lahir merasa ada ynag hilangpada dirinya,orgasme sebagai hadiah karena kasian.(wah kece jd disaat kita merasa utuh itu tandanya udah ketemu sama soulmate??)

Islam : Sex dan hasrat itu manusiawi dan tidak dapat dipungkiri. (Yah ciri2 mahluk hidup itu ingin melestarikan keturunannya)

What do you think about that?? Salah satu akhwat di FIB bilang. Hati – hati saat membaca, terutama oleh ideologi yang mungkin tidak dipahami tapi pelan pelan dijalani dan merasuk , liberalisme, feminisme, komunis, lalalala. 

Novel time – tanpa kita meminta, nilainya mutlak

Standar

Pernah ngerasa takut kehilangan sesuatu? Atau seseorang (ciee haha ayah,ibu dll) ??? Pasti, manusiawi. Pernah berfikir ”Lebih baik jika aku saja yang menghilang. ” Agar rasa takut tak ada lagi. Toh tanpa kita semua akan baik saja.
Tapi apa hak aku? Bahkan aku pun bukan milik aku.
Semua kasih sayang yang kita rasakan adalah kasih sayang Allah yang Allah berikan melalui manusia, alam, binatang, tumbuhan, So??? Seberapa sadarkah kita akan besarnya cinta Allah kepada kita???? T_T, dan terkadang justru kita lebih mencintai sosok (ayah,ibu, dll ) yang mungkin akan habis masanya. Yah, sesungguhnya mereka hanyalah Ruh, tapi saat mengingat tawa, mata, wajah, suara, rasanya ingin selalu bersama orang – orang yang kita cintai. Alangkah melelahkannya hidup ini saat kita jauh dari tujuan yang sesungguhnya. Kalo kata Noah Band “Hidup untukmu, mati tanpamu.” #naon haha 😀 indah kalau “Hidup untukMu, Mati karenaMu.”
Tapi selama masih ada waktu bersama mereka,
“Saat merasa tak bahagia, ya buat saja kebahagiaan sendiri lalu tebarkan.”
“Saat merasa tak dapat apa –apa, ya jadilah pemberi apa-apa.”
Jangan khawatir untuk kehilangan kasih sayang semesta. Karena tanpa meminta pun Allah telah menetapkannya. Sebenernya nilainya akan tetap mutlak dan sama. Meskipun  penyalurnya mungkin berbeda.
“Semakin luas pandangan maka tekanan yang dirasakan akan semakin ringan.” (inspirasi dari rumus fisika kata seorang penulis? Benarkah??)
Aku mah apa atuh??? “Aku tanpaMu butiran debu” :))))

Moments of this week – There is something that lost

Standar

“ Kenapa ya mba hari ini tuh aku ngerasa random banget. Hari ini  semua yang aku lakuin kaya nothing banget. Gak ada yang beres. Dan aku bingung ngejelasin keadaan sama yang udah aku kerjain. Aku kaya kehilangan semangat, fisik aku lagi ga banget, padahal biasanya se-hectic apapun,aku masih bisa nyelow.”

Dan jawaban Mba Jipah sederhana

“ Harni hari ini udah ngaji belom?” (Teringat mushaf pink –ku yang unyu dengan bunga-bunga pemberian sahabat akhwat)  Pernah gak sih kawan mera

sa amat begitu ber-jodoh dengan Al-Quran. Amat begitu kuat feeling yang terbangun.Seolah Al-quran tahu. What do I feel? What should I do? What is the best for me?Seolah kita diluaskan pandangannya lalu beban yang kita rasakan menjadi amat ringan. Seolah kita diingatkan dan didamaikan hatinya. Intinya ayat yang kita baca saat itu adalah pengingat, solusi, dan know me so well banget.

Ada quotes yang aku buat terinspirasi dari sebuah film dan biasanya jadi quotes aku saat dititik jenuh (lebay yah haha).Tapi ini lumayan membantu.

“Tidak apa Rabb, jika dengan begini aku lebih dekat dengan-Mu. Jangan sampai air mata yang jatuh lebih deras dari air mata untuk memohon ampun padaMu” 19-09-14 2:01 am

Testimony of this week- Tarwinih

Standar

Aku manggil dia wingky wongka, kadang tarwingss, dia tuh gologan darahnya B. Katanya AB ( aku) tuh emang nyebelin tapi biasa si B yang paling kangen sama AB. Quotes dia yang gak pernahaku lupa,
“ Kayanya Cuma gue tau yang tahan dengan kegaringan lo”-tarwinih- (aku Cuma bisa senyum)
Haha, dia emang sering banget marahin aku.Tapi yah gitu deh haha. Aku punya minat ke tumbuhan gara- gara dia haha. Sebenernya dia yang tertarik beud sama tumbuhan, aku mah cuma iseng ikut –ikutan. Eh sekarang aku terlanjur cinta. Hehe. Meskipun dia adalah penentang aku, tapi dia sering kejebak dalam kebodohan aku. Terus dia ngambek – ngambek ngerasa aku bodohin, terus ngadu ke teh Ririn.
“ Teteh nih harninya, dia mah ih, dasar blorong.” (aku cuma ketawa jahat )
Dia tuh temen membolang terutama ke arbor. Biasanya kalo laper kita nyari jambu, sirsak, coklat, murbei, belimbing, sampe sayuran buat di masak haha, apalah yang tersedia di alam. Tapi tenang aja ga serakah kok, kita tetap berbagi dengan para binatang. Kita juga suka ngincer mangga di mipa,jeruk bali di kimia dan mipa, alpukat depan fisika, nangka, markisa di rektorat, sawo, jambu batu di Caldera (nuhun akang-akang caldera yang baik hoho :D) dan banyak lagiiii titik – titik surga makanan gratis nan sehat di Unpad. Haha, wajarlah kita suka jelajah, selain belajar tumbuhan, manfaatin alam juga. Hayoo sebelum lulus, udah jelajah Unpad belum? Banyak yang seru loh di Unpad. Kita juga suka ikut bird-watching, burung-burung di Unpad cantik-cantik loh. Tapi aku suka di marahin gara- gara suka berisik pas pengamatan,keburu kabur deh th burung haha.
Lucunya, tiap kemana- mana bareng dia, angkot Unpad suka tiba-tiba menghilang. Kaya ditakdirin buat jalan kaki gitu haha.Dia tuh kalau belajar buat UAS dan UTS biasanya Cuma di kosan udah. Sampai kampus dia gak mau buka – buka atau nginget – nginget lagi. Kalau aku mah riweh, di kosan, di jalan, sampai kampus masing aku baca berulang (maklum aku pelupa akut).
Wini tuh kebalikan aku, dia gak suka susu original, sukanya yang rasa-rasa. Kalau aku kurang begitu suka susu rasa-rasa, terutama coklat. Wini juga gak suka keju, aku suka beud. Jadi kalau ada snack snack berkeju, atau rasa keju, aku sejahtera haha. Soalnya yang dia aku yang makan. Wini tuh kalau ngantuk yah tidur, hampir sama kaya aku.
Si ibu kadep RT ini emang logistik banget. Gak dimana-mana bawaanya nyiapin infokus, ac, sapu, rempong kalau ada sampah. Yah emang naluri logistik kita tuh (we are kiki’s angle) sudah terlatih dan terlanjur menempel. Dia juga aktif di Hikmi (komunitas mahasiswa indramayu). Kita juga sering bareng masuk kepanitian dan organisasi yang sama.
Hal yang unik dari dia, kalau lagi ada orang curhat tentang lelaki, dia suka mules #apabanget -_-
Dia juga makin salehah, sekarang kerudungnya udah double dan sering pake rok. Cieeee.Gara-gara si kang-sssssssttt… niyeh. Yah cepat di resmikan sadjalahh, ammin
Dia tuh paling gak suka kalau aku udah bete. Karena bibir aku monyong dan puasa ngomong. Haha keep spirit always kawan, semoga impian kita buat menjelajahi alam Allah tercapai, nothing is immposible 😀 cemunguudddd, “, gak ada yang sia-sia girlll, “perencanaan pernikahannya di tunda doloe yah, naikin IPK, kalo mau ngeduluin ke pelaminan bilang bilang yah #naon haha

Testimony of This Week – Mariyah Ulfah A

Standar

Aku manggil dia upeh. Sama – sama freak, aneh, dan unpredictable, mungkin karena dia AB. Percaya atau engga tapi ada penelitiannya loh!! Dia termasuk orang yang perdana aku kenal (sama Wini dan Rani ). Yang jelas kita sama-sama lolos undangan kecuali rani dan ketemu di group MIPA. Ditambah lagi Upah tuh temen sekamar waktu di asrama.
Upah tuh orangnya bisa diajak menggila plus menggaring. Saking serunya, kadang kalau udah di kamar lebih banyak curhat dibanding belajar. Makanan favorite Upah, aku gak tahu persis. Tapi lauk yang sering Upah beli itu perkedel dan pindang. Kalau udah makan sama pindang, gak kuat deh liatnya. Kaya kucing kelaperan habis menggembara di kampung seharian terus nemu pindang di tong sampah (khusyuk makannya). Upah tuh mengurangi makan mie instan, tapi aku suka beudd. Dia juga penggembar korea dan anime. Kalau udah debat, kita saling gak mau kalah jagoin si cowok ganteng masing-masing.
Dia itu shalehah, cieee. Dari dia aku tahu cara pake kerudung yang lebih rapi. Karena kerudungku tuh biasanya bengkok- bengkok, kadang panjang sebelah -_-! Sehabis magrib dan subuh biasanya dia tadarus di atas kasurnya. Terus sebelum berangkat kuliah juga dia nyempetin shalat dhuha dulu. Dia juga qiyamul lail di sepertiga malam, hehe. Karena pola tidur aku, bangun tidur, bangun tidur. Kadang aku yang bangunin dia. Hehe.
Kalau di kelas, mending kita duduk jauhan deh. Karena kalau sebelahan, pasti gak fokus. Jadinya curhatlah, chatting lewat kertaslah, gambar-gambar, cekikikan gak jelas, belum lagi kalau ngantuk, saling ngandelin untuk nyatet, dan pas mau uas /uts panik cari orang yang mau ngajarin (sekarang udah nggak sih) .Kawasan kamar Upah tuh warna warni dan penuh tempelan. Kata-kata motivasi, foto keluarga, para sahabat, dan lalala. Sedangkan aku biasanya cuma di tulis di binder aja hehe. Foto juga di laptop aja, hehe.
Kalau Upah ngerjain tugas, biasanya di selesain sampai selesai. Tapi kalau aku, kalau ngantuk ya tidur. Ntar baru bangun lebih subuh. Jadi biasanya saat tidur buku Upah udah rapi lagi di meja.Kalau aku tidur bareng sama buku,hehe.
Kita tuh sering dibilang “rempong” gara-gara “riringkid” artinya gitu deh riweh. Karena kebiasaan kita bawa tas lebih dari satu. Kalau cerita gila bareng dia mah banyak, dari mulai PCA, cari promo-an kalau belanja, riweh jadwal nyuci baju (karena jemurannya sempit). Riweh masak – masak, yah meskipun makanan sederhana (ga ada kompor soalnya). bebersih, buang sampah, packing pas pulang, nonton drama, belum lagi curhat tentang prince impian #naon 😀
Dia tuh selain di BPAP Prodi (DPA) juga aktip di Bem Fak, dia juga punya minat wirausaha kaya aku. hehe mangat terus yah fah organisasi dan akademik itu sama2 penting, sama2 makan hati, sama2 buang waktu, sama2 buang uang, sama2 cape, gak ada yang sia-sia girlll,cemunguddd
Kita lumayan sering jalan-jalan sore dan malem di dalem kampus. Nikmati lampu – lampu romantis dan sepinya kampus. Hoax itu ganggu aja yah. Bikin sugesti negatif aja. Gak akan pernah habis kalau aku terus cerita hehe. Yang jelas semangat terus fah, semoga tetap istiqamah, kalau kita ntar berpisah, pas ketemu lagi kita udah sukses dengan mimpi kita masing-masing yah. Dan dengan imam terbaik untuk kita ammin. ,

UPAH

page